Tuesday, December 2, 2014

Pengaruh Penggunaan Gadget di Kalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya Jakarta

Di era globalisasi ini teknologi semakin canggih dan semakin bagus. Teknologi adalah salah satu yang berkembang pesat dalam masyarakat ini, bahkan setiap hari teknologi mengalami perkembangan. Teknologi dalam era globalisasi ini telah memengaruhi masyarakat dan sekitarnya dengan banyak cara. Dalam beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah banyak memiliki berbagai manfaat. Salah satu kemajuan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah gadget.


Gadget adalah sebuah teknologi ataupun inovasi yang memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat membantu dan mempermudah pekerjaan seseorang. Pada era teknologi yang sudah canggih ini gadget merupakan salah satu kebutuhan pada saat ini. Mulai dari anak dalam usia dini pasti sudah memerlukan gadget. Apalagi di era sekarang ini gadget sudah berkembang dengan aplikasi yang canggih dan rata-rata semua yang di butuhkan sudah terdapat di gadget atau apapun yang kita ingin lakukan dapat di kerjakan dalam benda ini. Maka dari itu, banyak sekali orang yang menggunakan gadget ini selain sebagai kebutuhan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan juga untuk komunikasi serta mendapatkan informasi.

Bukan hanya itu, tetapi gadget sudah merambah ke dunia pendidikan salah satunya merambah ke kalangan mahasiswa. Hampir semua mahasiswa mempunyai gadget.  Gadget memiliki beberapa manfaat terutama di kalangan mahasiswa, salah satunya seperti e-mail. E-mail adalah salah satu fasilitas yang sering di gunakan terutama oleh mahasiswa, dengan adanya gadget dapat memudahkan mahasiswa dalam kirim dan terima tugas perkuliahan. Selain itu, kelebihan gadget bagi mahasiswa dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari bahan referensi perkuliahan sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas karena dapat di kerjakan juga dalam gadget. Mahasiswa Ilmu Komunikasi, misalnya mereka dituntut untuk selalu update mengenai berita apa yang terjadi. Agar tak ketinggalan berita, mahasiswa memanfaatkan kecanggihan gadget untuk mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Namun sayangnya, tak semua mahasiswa menggunakan gadget dengan cara yang positif. Ada beberapa mahasiswa yang menyalahgunakan penggunaan gadget.

Kecenderungan penyalahgunaan terhadap gadget juga terlihat pada mahasiswa yang tidak pernah bisa terlepas dari gadget mereka terlebih seperti smartphone atau laptop. Sangat lazim kita temui mahasiswa yang selalu membawa smartphone di tangan mereka.


Karena memang teknologi jaman sekarang yang sangat canggih, semua informasi dan hal-hal yang berbau update bahkan yang mampu menjangkau seluruh dunia pun dapat diakses hanya melalui smartphone, sehingga sangat riskan untuk disalahgunakan. Seperti misalnya laptop yang diperbolehkan pada saat perkuliahan yang memang untuk keperluan kuliah, namun terkadang disalahgunakan oleh beberapa mahasiswa untuk online keperluan pribadi.

Mahasiswa dengan gadget adalah satu kesatuan yang tak bisa di pisahkan dan merupakan suatu tuntutan kebutuhan. Dan juga dengan menggunakan gadget lebih memudahkan mahasiswa dalam menjalankan segala aktifitas perkuliahannya selain berfungsi sebagai alat komunikasi ke sesama teman ataupun orang lain. Kebutuhan akan informasi mengakibatkan timbulnya ketergantungan terhadap gadget. Ketergantungan tersebut memang dapat di nilai positif dan negatif, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Semuanya kembali lagi ke individu masing-masing, bagaimana dia dapat memanfaatkan gadget secara baik dan benar.

Kami merasa tertarik untuk memilih judul “Pengaruh Penggunaan Gadget di Kalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya Jakarta” karena kami menganggap bahwa sebagian besar mahasiswa saat ini hidupnya bergantung pada teknologi zaman sekarang yang disebut dengan gadget. Kami merasa bahwa mahasiswa kini sangat dimanjakan dengan gadget dan dengan segala macam kecanggihannya, oleh karena itu penggunaan terhadap gadget kian dipersalahgunakan. Gadget yang seharusnya hanya menjadi alat pendamping dalam memperoleh informasi secara lebih luas kini beralih fungsi menjadi pedoman hidup para mahasiswa karena kecanggihannya yang dapat menjangkau hingga ke seluruh dunia. Alasan kami memilih judul tersebut juga karena kami ingin mengetahui secara lebih dalam mengenai seberapa besar pengaruh gadget dikalangan mahasiswa, baik di bidang studi maupun non studi. Kami juga ingin mengetahui lebih dalam mengenai dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan dikalangan mahasiswa. Hal tersebut sangat penting diketahui oleh mahasiswa agar mahasiswa mampu mengatur pola kehidupannya baik di bidang studi maupun non studi dengan teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini. Dan yang terakhir dalam makalah ini kami ingin menyampaikan pesan kepada teman-teman mahasiswa bahwa alangkah baiknya bila kita mampu mengontrol penggunaan dari gadget agar hidup kita tidak serba instan dan selalu bergantung pada kecanggihan gadget, karena masih banyak hal-hal positif dan luas yang dapat kita lakukan untuk memperoleh hal-hal baru di luar sana.

Di dalam blog ini kami akan membahas tentang gadget yang sedang marak-maraknya digunakan oleh mahasiswa Atma Jaya Jakarta seperti smartphone dan laptop. Seperti yang kita ketahui, seiring dengan majunya perkembangan teknologi, dalam kegiatan sehari-hari manusia tidak bisa terlepas dari gadget.


Gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna untuk berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, bisnis, dan lain-lain. Mereka selalu mengandalkan gadget dalam setiap pekerjaannya, entah itu smartphone atau laptop. Namun disisi lain terjadi hal yang berlawanan disebabkan oleh faktor keteledoran pemakainya atau kekurang tepatan dalam memanfaatkan fungsi yang sebenarnya. Biasanya, mahasiswa tidak ingin terlihat gaptek (gagap teknologi) atau ketinggalan zaman maka dari itu gadget merupakan hal penting bagi mereka. Para mahasiswa menggunakan gadget sebagai alat untuk mempertahankan reputasinya. Mereka merasa gengsi bila tidak memiliki gadget yg canggih. Statement yang biasanya mereka bilang “Nggak bisa hidup dan terlepas dari gadget, rasanya berat kalau gak ada gadget yang di genggam.".

Tujuan kami membuat kampanye tentang “Pengaruh Penggunaan Gadget di Kalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya Jakarta” adalah:

  • Untuk menambah wawasan kami mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pengaruh gadget pada mahasiswa.
  • Mengetahui dampak positif maupun negatif terhadap gaya hidup dan perilaku dari penggunaan gadget dikalangan mahasiswa.
  • Mengetahui seberapa penting penggunaan atau konsumerisme gadget bagi kehidupan mahasiswa.
  • Sebagai bahan referensi untuk pembaca.

Target yang diharapkan setelah adanya kampanye yang kami buat ini adalah ingin menyadarkan kepada para mahasiswa Atma Jaya Jakarta, bahwa sekarang ini kita seakan-akan diperalat oleh teknologi. Contoh konkritnya ketika kita bangun di pagi hari hal pertama yang kita lakukan adalah mengecek smartphone kita, bukan? Padahal seharusnya ada hal lain yang masih bisa kita lakukan ketika kita bangun di pagi hari. Teknologi bahkan bisa merugikan kita disamping kegunaannya.

Maka dari itu efek yang kami harapkan setelah kami membuat kampanye ini adalah adanya kesadaran dari para mahasiswa. Kesadaran bahwa berkomunikasi lewat gadget tidak lebih baik dari berkomunikasi secara face to face. Teknologi dapat membuat kita menjadi pribadi yang ansos (anti sosial). Bagaimanapun juga gadget menimbulkan dampak negatif bagi manusia. Seperti; hambatan perkembangan, adiksi, radiasi, dan lain-lain. Bukan berarti kita tidak boleh sama sekali menggunakan gadget di dalam kegiatan kita. Tetapi, kami ingin mengajak para mahasiswa Atma Jaya Jakarta khususnya untuk tidak mengutamakan gadget dalam menjalani aktifitas sehari-hari.


1 comment:

  1. Download Software , Tips and tricks, Beatbox, Hack, Seputar Gadget Dan Komputer Hanya Ada di www.pengguna-gadget.blogspot.com

    ReplyDelete